FATWA ABUYA: MAIN & NONTON BOLA
FATWA ABUYA: MAIN & NONTON BOLA
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Pertanyaan:
Apa hukumnya bermain dan menonton bola?
Jawaban:
مائين بولا ايت كالو دڠن تيدق منڠڬلكن سمبهيڠ دان تيدق تربوكا عورة دان بوكن اونتؤ منچاري واڠ دان بوكن اونتؤ برتنديڠ يڠ ممباوا كروساكن دان تيدق فولا مروسأكن مرؤاه مك كالو سفرتي يڠ ترسبوة ايت حكومڽ اداله هاروس تتافي كلو ادا ساله ساتو يڠ تله ترسبوة داتس ايت مك حكومڽ حرام
نصڽ دالم كتاب شرقاوي الجزء الثاني نمرة٤٢٤ [قوله وبندق] يرمي به إلى حفرة ونحوها والمراد ما يؤكل ويلعب به في العيد أما بندق الرصاص والطين فتصح المسابقة عليه ولو بعوض خلافا للمصنف كما سيأتي لأن له نكاية في الحرب أشد من السهام
[قوله وعوم] اي السباحة في الماء وهو المسمى عند العامة بالمخابطة والشطرنجي بفتح وكسر أوله المعجم والمهمل والمنقلة والسيجة والخاتم ووقوف على رجل ومعرفة ما بيده من شفع ووتر ومسابقة بسفن وأقدام فكل ذلك جائز بلا عوض لانه يحتاج الى حساب في بعضه ففيه فروسية
وأما مصارعته صلى الله عليه وسلم ركانة على شياه فأجبوا عنها بأن الغرض أن يريه شدته ليسلم بدليل أنه لما أسلم رد عليه غنمه وقيل ردها عليه قبل اسلامه وهو ما ذكره في الخصائص بخلاف الطاب فحرام مطلقا اه
كلو ادا دالم فرمائنن بولا ايت يڠ منكر سفرتي ممبوكا عورة اتو عورة فرمفوان سبڬيمان يڠ تله منجادي بياس فدا فرمفوان٢ سكارڠ برباجو "ب ب" دان برچمفور فولا دڠن لاكي٢ مك مننتون ايت اداله حرام حكومڽ
دامبيل الاسن فدا حديث يڠ دروايتكن اوليه الشيخان إياكم والجلوس في الطرقات قالوا يا رسول الله ما لنا بد من مجالسنا نتحدث فيها قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فإذا أبيتم إلا المجلس فأعطوا الطريق حقه قالوا وما حقه قال غض البصر وكف الأذى ورد السلام والأمر بالمعروف والنهي عن المنكر. جادي دڠن كتراڠن حديث شيخين اين حرامله مننتون بولا مطلقا سباكي يڠ تله بياس ترجادي دكوتا٢ دان دمان٢ تمفت لاينڽ مك كتهوئيله بهوا تمفت مائين بولا ايت اداله تمفت شيطان برتلور
Maksudnya: Main bola yang tidak menyebabkan tinggal sembahyang, tidak terbuka aurat, bukan bertujuan mencari uang, dan bukan pertandingan yang berakibat buruk, serta tidak meruntuhkan marwah, hukumnya boleh. Namun apabila terdapat salah satu dari hal-hal tersebut, hukumnya haram.
Keterangan ini terdapat dalam kitab asy-Syarqawi, Juz. II, Hal. 424: “(Kata pengarang: “Dan Pelor”) yaitu yang dilempar ke lobang atau semacamnya.
Maksudnya ialah sesuatu yang dimakan dan dimainkan pada hari raya. Adapun pelor timah dan tanah, maka boleh memperlombakannya walaupun dengan “iwadh” (imbalan), pendapat ini berbeda dengan pendapat pengarang sebagaimana dijelaskan di depan. Alasan dibolehkan adalah karena pelor tersebut dapat diandalkan dalam berperang melebihi kekuatan panah[1].
(Tentang Kata pengarang “Dan Awm”) artinya berenang dalam air, istilah umumnya adalah “al-Mukhabathah”. Dan Syathranji (catur), al-manqalah wa as-sijah (permainan congkak[2]), khatim (menggulirkan cincin dengan jari)[3], dan berdiri dengan satu kaki, menebak benda di tangan apakah genap atau ganjil, dayung sampan dan lomba lari, maka semua itu dibolehkan tanpa imbalan, karena sebahagian dari permainan-permainan itu memerlukan perhitungan, maka diperlukan (untuk melatih) keahlian."
Adapun mengenai Rasulullah Saw. bergulat dengan Rukanah atas imbalan beberapa kambing, maka hal itu bertujuan menampakkan kekuatan Rasulullah Saw. kepada rukanah supaya ia masuk islam, buktinya Rasulullah Saw. mengembalikan kambing-kambing tersebut kepada rukanah setelah ia masuk Islam. Ada yang berpendapat dikembalikan sebelum masuk islam.
Hal itu dijelaskan dalam al-Khasha’ish. Permainan-permainan tersebut berbeda dengan ath-Thab(lempar tongkat kecil berwarna)[4] yang diharamkan secara mutlak[5].”
Jika dalam permainan bola tersebut terjadi kemungkaran-kemungkaran, seperti menampakkan aurat laki-laki atau perempuan sebagaimana yang lumrah terjadi sekarang perempuan mengenakan pakaian BB, dan berbaur dengan laki-laki, maka menontonnya adalah haram. Hal itu dapat dipahami dari hadits yang diriwayatkan oleh Syaikhani: “Hindarilah duduk di jalanan,” mereka berkata: “Ya Rasulullah, kami tidak bisa menghindari tempat-tempat duduk untuk berbincang,”
Berkata Rasulullah Saw.: “Jika kalian enggan untuk duduk, kecuali di tempat-tempat tersebut, maka berikanlah hak jalan.” Mereka berkata: “Dan apa saja hak jalan?.”
Berkata Rasulullah Saw.: “menutup mata, menahan dari menyakiti, menjawab salam, memerintah yang ma’ruf, menegah yang mungkar.”
Dengan keterangan hadits ini dapat disimpulkan bahwa menonton bola seperti yang biasa terjadi di kota-kota dan diberbagai tempat lainnya adalah haram secara mutlak. Maka ketahuilah bahwa tempat diselenggarakan bola tersebut adalah tempat setan bertelur.
Wallahu A'lam.
➖➖➖➖➖➖
[1] Terjemahan ini bedasarkan pemahaman kami tentang makna “Nikayah” dalam kitab Isfarul Fashih karangan al-Harawi berikut ini:
(ونكيت في العدو أنكي نكاية) بغير همز، أي بالغت فيهم قتلا وجرحا
[2]Terjemahan ini kami pahami dari nash Mughni al-Muhtaj (19/339), al-Maktabah asy-Syamilah:
وأما الحزة وهي بفتح الحاء المهملة وبالزاي : قطعة خشب يحفر فيها حفر في ثلاثة أسطر يجعل فيها حصى صغار ويلعب بها وتسمى المنقلة
Dan dari nash Hasyiah jamal (10/750), al-Maktabah asy-Syamilah:
كالمنقلة والسيجة وهي حفر أو خطوط ينقل منها وإليها حصى بالحساب
[3] Sebagaimana dijelaskan dalam Hawasyi asy-Syarwani (9/399), al-Maktabah asy-Syamilah sebagai berikut:
( قول المتن وخاتم ) أي بأن يأخذ خاتما ويضعه في كفه وينططه ويلقاه بظهر كفه ثم يدحرجه إلى أن يصل إلى طرف أصبع من أصابعه حتى يدخله في رأس ذلك الأصبع كما هو دأب أهل الشطارة ا هـ بجيرمي
[4] Sebagaimana dalam Hasyiah al-jamal (23/268) al-Maktabah asy-Syamilah:
وهو عصي صغار ترمى وينظر للونها ويرتب عليه مقتضاه الذي اصطلحوا عليه
[5] Berkata Imam ar-Rafi’ie:
ما كان مداره على الحرز والتخمين يحرم وما كان مداره على الحساب لا يحرم
Permainan yang mengandalkan tebakan hukumnya haram, sedangkan permainan yang mengandalkan perhitungan tidak diharamkan (al-Fatawa al-Fiqhiah al-Kubra (4/357) al-Maktabah asy-Syamilah)
Komentar
Posting Komentar