*HUKUM WANITA MEMAKAI INAI, HENNA ATAU KUTEK*
┏🌸★★━━━━━━━━━━━━━━━━━━━┓
*🍃PROBLEMATIKA HUKUM ISLAM-SANTRI AHGAFF🍃*
┗━━━━━━━━━━━━━━━━━━━★★🌸┛
*HUKUM WANITA MEMAKAI INAI, HENNA ATAU KUTEK*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
*📝PERTANYAAN:*
_bolehkah wanita memakai kutek ketika haid? kalau hanya Henna aja gimana?_
*📚JAWABAN:*
Kutek, Henna dan inai merupakan pewarna kuku yang biasanya digunakan perempuan untuk memperindah kukunya.
Para perempuan di masa Rasulullah SAW juga seringkali mewarnai kuku mereka dengan pacar/inai/henna. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan perempuan untuk berhenna agar menjadi pembeda antara jari laki-laki dan perempuan:
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : أَنَّ امْرَأَةً، مَدَّتْ يَدَهَا إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكِتَابٍ فَقَبَضَ يَدَهُ، فَقَالَتْ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَدَدْتُ يَدِي إِلَيْكَ بِكِتَابٍ فَلَمْ تَأْخُذْهُ، فَقَالَ: إِنِّي لَمْ أَدْرِ أَيَدُ امْرَأَةٍ هِيَ أَوْ رَجُلٍ قَالَتْ: بَلْ يَدُ امْرَأَةٍ، قَالَ: لَوْ كُنْتِ امْرَأَةً لَغَيَّرْتِ أَظْفَارَكِ بِالْحِنَّاءِ
_"dari ‘Aisyah berkata, “Seorang perempuan mengulurkan tangannya kepada Nabi SAW dengan sebuah kitab, wanita itu memegang tangan beliau seraya berkata, “Wahai Rasulullah, aku ulurkan tanganku dengan sebuah kitab namun engkau tidak mengambilnya?! Beliau bersabda: “Aku tidak tahu, apakah itu tangan seorang perempuan atau tangan laki-laki.” Perempuan itu berkata, “Ini tangan seorang perempuan.” Beliau bersabda: “Sekiranya Engkau seorang perempuan, hendaklah kau warnai kukumu dengan pacar (inai).”_(HR Nasai)
*HUKUM MEMAKAI HINNA*
--------------------------
hukumnya diperinci sebagai berikut:
*1. Sunnah.*
A. Bagi perempuan yang sudah menikah *selama tidak dilarang oleh suami.*
B. Bagi perempuan yang akan ihrom disunnahkan pula memakai henna pada wajah dan kedua telapak tanganya (memakainya sebelum ihrom), hanya saja memakainya secara merata, yakni tidak boleh dihias-hias, dengan tujuan supaya kulitnya tertutup, karena ketika ihrom bagi perempuan diharuskan membuka wajahnya. *hukumnya sunnah selagi tidak dilarang oleh suami.*
*2. makruh*
hukumnya bagi perempuan yang belum menikah selagi tidak dikhawatirkan adanya fitnah.
*3. Haram*
A. jika dilarang oleh suami pada wanita yang sudah menikah maka *hukumnya menjadi haram.*
B. Jika menjadikan fitnah bagi perempuan yang belum menikah, maka hukumnya *haram.*
*HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA MEMAKAI PEWARNA KUKU*
-------------------------------
ada dua hal yang perlu diperhatikan ketika memakai pewarna kuku:
1. Segi kabsahan bersuci
2. Segi kehalalan
*1. dari segi kabsahan bersuci*
A. jika yang digunakan adalah *kutek* atau pewarna lainnya yang berbahan anti air (waterproof) atau terbuat dari bahan seperti stiker atau berupa tempelan yang bisa dikerok dari kulit, maka *wudhu atau mandi besarnya tidak sah.* kecuali dibersihkan terlebih dahulu.
*Alasan:*
henna tersebut termasuk benda yang bisa menghalangi sampainya air ke kulit sama seperti maskara atau pewarna rambut anti air.
B. boleh memakai *kutek dan pewarna kuku anti air* hanya saja ketika wudhu, *harus benar-benar hilang agar air meresap.*
~ jika yang tersisa di kulit hanya warna saja (bendanya sudah hilang), maka *bersucinya sah.*
*Alasan:*
Kutek dan pewarna kuku anti air tersebut sudah hilang dan tinggal warnanya saja, hal tersebut tidak menghalangi sampainya air ke kulit.
~ Jika masih ada bendanya (kutek) maka di lihat dulu, kalau kutek tersebut bisa tembus/menyerap air maka wudlu’nya juga sah, Jika tidak menyerap air maka wudhunya tidak sah.
C. Jika pewarna kuku tersebut tidak menghalangi sampainya air seperti *Henna atau Sinai* maka *boleh dan wudhunya sah.*
Dalam hal ini, mandi hukumnya sama seperti wudhu, jika sedang haid menggunakan kutex atau sejenisnya yang water proof, kemudian dia mandi dan tidak membersihkannya maka mandinya tidak sempurna, masih hadast sehingga shalatnya tidak sah.
*Wanita haid memakai kutek*
----------------
kutek itu tidak boleh dipergunakan wanita jika ia hendak shalat, karena kutek tersebut akan menghalangi mengalirnya air dalam bersuci (pada bagian kuku yang tertutup oleh kutek itu).
Bagi wanita yang tidak shalat, seperti wanita yang mendapat haidh, maka tidak ada dosa baginya jika ia menggunakan kutek tersebut, maka ketika mandi wajib harus dibersihkan sebersih-bersihnya.
*2. Dari segi kehalalan*
A. Jika halal maka boleh digunakan.
Jika ada label halalnya maka produk itu halal.
B. Jika berbahan najis seperti berbahan hewan anjing, babi, alkohol yang haram maka tidak boleh dipakai dan harus dibersihkan ketika hendak shalat, karena shalat tidak sah ketika ada najis yang menempel.
Jika sudah dibersihkan dan masih tersisa warna setelah 3 kali dicuci maka tidak mengapa dan shalatnya sah. (Lihat Fathul jawad dan Nihayatuz Zein di bawah)
D. jika tidak ada labelnya lebih baik dihindari, dengan mengedepankan sikap berhati-hati dalam hidup, Karena hal umum bahwa kosmetik banyak menggunakan bahan najis.
*📖REFERENSI:*
*أسنى المطالب في شرح روض الطالب (1/ 472)*
فَرْعٌ يُسْتَحَبُّ لِلْمُزَوَّجَةِ وَغَيْرِهَا عَجُوزًا أو شَابَّةً مَسْحُ وَجْهِهَا بِالْحِنَّاءِ بِالْمَدِّ لِلْإِحْرَامِ وَخَضْبُ كَفَّيْهِمَا بِهِ له لِتَسْتُرَ بِهِ ما يَبْرُزُ منها لِأَنَّهَا تُؤْمَرُ بِكَشْفِ الْوَجْهِ وقد يَنْكَشِفُ الْكَفَّانِ وَلِأَنَّ الْحِنَّاءَ من زِينَتِهَا فَنُدِبَ قبل الْإِحْرَامِ كَالطِّيبِ وَرَوَى الدَّارَقُطْنِيُّ عن ابْنِ عُمَرَ أَنَّ ذلك من السُّنَّةِ تَعْمِيمًا لِلْكَفَّيْنِ لَا نَقْشًا وَتَسْوِيدًا أو تَطْرِيفًا فَلَا يُسْتَحَبُّ شَيْءٌ منها لِمَا فيه من الزِّينَةِ وَإِزَالَةِ الشُّعْثِ الْمَأْمُورِ بِهِ في الْإِحْرَامِ بَلْ إنْ كانت خَلِيَّةً أو لم يَأْذَنْ حَلِيلُهَا حَرُمَ وَإِلَّا فَلَا كما مَرَّ في شُرُوطِ الصَّلَاةِ وَيُكْرَهُ لها الْخَضْبُ بَعْدَ الْإِحْرَامِ لِمَا مَرَّ آنِفًا وفي بَاقِي الْأَحْوَالِ أَيْ في غَيْرِ الْإِحْرَامِ يُسْتَحَبُّ لِلْمُزَوَّجَةِ لِأَنَّهُ زِينَةٌ وَهِيَ مَطْلُوبَةٌ منها لِزَوْجِهَا كُلَّ وَقْتٍ كما مَرَّ في شُرُوطِ الصَّلَاةِ وَيُكْرَهُ لِغَيْرِهَا بِلَا عُذْرٍ لِخَوْفِ الْفِتْنَةِ
*حاشية البجيرمي على الخطيب – (ج 2 / ص 7)*
تَنْبِيهٌ : مَا أَطْلَقَهُ الْأَصْحَابُ هُنَا مِنْ أَنَّ غَسْلَ الرِّجْلَيْنِ فَرْضٌ مَحْمُولٌ كَمَا قَالَهُ الرَّافِعِيُّ عَلَى غَيْرِ لَابِسِ الْخُفِّ ، أَوْ عَلَى أَنَّ الْأَصْلَ الْغَسْلُ ، وَالْمَسْحُ بَدَلٌ عَنْهُ ، وَيَجِبُ إزَالَةُ مَا فِي شُقُوقِ الرِّجْلَيْنِ مِنْ عَيْنٍ كَشَمْعٍ وَحِنَّاءٍ .
قَالَ الْجُوَيْنِيُّ : إنْ لَمْ يَصِلْ إلَى اللَّحْمِ وَيُحْمَلُ عَلَى مَا إذَا كَانَ فِي اللَّحْمِ غَوْرٌ أَخْذًا مِمَّا مَرَّ عَنْ الْمَجْمُوعِ وَلَا أَثَرَ لِدُهْنٍ ذَائِبٍ وَلَوْنِ نَحْوِ حِنَّاءٍ ، وَيَجِبُ إزَالَةُ مَا تَحْتَ الْأَظْفَارِ مِنْ وَسَخٍ يَمْنَعُ وُصُولَ الْمَاءِ ، وَلَوْ قُطِعَ بَعْضُ الْقَدَمِ وَجَبَ غَسْلُ الْبَاقِي ، وَإِنْ قُطِعَ فَوْقَ الْكَعْبِ فَلَا فَرْضَ عَلَيْهِ وَيُسَنُّ غَسْلُ الْبَاقِي كَمَا مَرَّ فِي الْيَدِ .
الشَّرْحُ
قَوْلُهُ : ( كَشَمْعٍ ) بِفَتْحِ الْمِيمِ وَيَجُوزُ تَسْكِينُهَا .
قَوْلُهُ : ( وَحِنَّاءٍ ) بِكَسْرِ الْحَاءِ الْمُهْمَلَةِ وَتَشْدِيدِ النُّونِ وَبِالْمَدِّ وَالصَّرْفِ ، وَمِثْلُ مَا ذُكِرَ الْحِبْرُ وَالنِّيلَةُ بِخِلَافِ مُجَرَّدِ اللَّوْنِ .
وَالْحَاصِلُ : أَنَّ كُلَّ مَا مَنَعَ وُصُولَ الْمَاءِ إلَى الْعُضْوِ بِلَا عُذْرٍ شَرْعِيٍّ ضَرَّ ، وَإِلَّا فَلَا
*المجموع الجزء 1 صحـ : 387 مكتبة المطبعة المنيرية*
( السَّابِعَةُ ) إذَا كَانَ عَلَى بَعْضِ أَعْضَائِهِ شَمْعٌ أَوْ عَجِينٌ أَوْ حِنَّاءٌ وَأَشْبَاهُ ذَلِكَ فَمَنَعَ وُصُولَ الْمَاءِ إلَى شَيْءٍ مِنْ الْعُضْوِ لَمْ تَصِحَّ طَهَارَتُهُ سَوَاءٌ أَكَثُرَ ذَلِكَ أَمْ قَلَّ وَلَوْ بَقِيَ عَلَى الْيَدِ وَغَيْرِهَا أَثَرُ الْحِنَّاءِ وَلَوْنُهُ دُونَ عَيْنِهِ أَوْ أَثَرُ دُهْنٍ مَائِعٍ بِحَيْثُ يَمَسُّ الْمَاءُ بَشَرَةَ الْعُضْوِ وَيَجْرِي عَلَيْهَا لَكِنْ لَا يَثْبُتُ صَحَّتْ طَهَارَتُهُ اهـ
*الكتاب : الموسوعة الفقهية ج41 ص149*
نَصَّ الشَّافِعِيَّةُ عَلَى أَنَّهُ يَحْرُمُ نَقْشُ يَدِ الْمَرْأَةِ الْمُحْرِمَةِ بِالْحِنَّاءِ ، وَكَذَا تَطْرِيفُ الأْصَابِعِ وَتَسْوِيدُهَا لِمَا فِيهِ مِنَ الزِّينَةِ وَإِزَالَةِ الشَّعَثِ الْمَأْمُورِ بِهِ فِي الإْحْرَامِ
*الكتاب : الموسوعة الفقهية ج2 ص284*
اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ لِلرَّجُل أَنْ يَخْتَضِبَ فِي رَأْسِهِ وَلِحْيَتِهِ لِتَغْيِيرِ الشَّيْبِ بِالْحِنَّاءِ وَنَحْوِهِ لِلأْحَادِيثِ الْوَارِدَةِ فِي ذَلِكَ ، وَجَوَّزُوا لَهُ أَنْ يَخْتَضِبَ فِي جَمِيعِ أَجْزَاءِ بَدَنِهِ مَا عَدَا الْكَفَّيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ ، فَلاَ يَجُوزُ لَهُ أَنْ يَخْتَضِبَ فِيهِمَا إِلاَّ لِعُذْرٍ ؛ لأِنَّ فِي اخْتِضَابِهِ فِيهِمَا تَشَبُّهًا بِالنِّسَاءِ، وَالتَّشَبُّهُ بِالنِّسَاءِ مَحْظُورٌ شَرْعًا
وَقَال أَكْثَرُ الشَّافِعِيَّةِ وَبَعْضُ الْحَنَابِلَةِ بِحُرْمَتِهِ . وَقَال بَعْضُ الْحَنَابِلَةِ وَصَاحِبُ الْمُحِيطِ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ بِكَرَاهَتِهِ وَقَدْ قَال رَسُول اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – لَعَنَ اللَّهُ الْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَال وَالْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَال بِالنِّسَاءِ . وَحُكْمُ الْخُنْثَى الْمُشْكِل كَحُكْمِ الرَّجُل فِي هَذَا
*الكتاب : الفتاوى الكبرى الفقهية ج4 ص257وَ*
سُئِلَ رَحِمَهُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى ما حُكْمُ حِنَّاءِ يَدَيْ الرَّجُلِ وَرِجْلَيْهِ فَأَجَابَ نَفَعَنَا اللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى بِعُلُومِهِ بِقَوْلِهِ حُكْمُ حِنَّاءِ يَدَيْ الرَّجُلِ وَرِجْلَيْهِ أَنَّهُ لِغَيْرِ ضَرُورَةٍ حَرَامٌ على الْمُعْتَمَدِ عِنْدَ النَّوَوِيِّ وَغَيْرِهِ لِأَنَّهُ من زِينَةِ النِّسَاءِ
*Syekh Syihabuddin Ar-Ramli, Fathul Jawad bi Syarhi Manzhumati Ibnil Imad, [Singapura-Jeddah-Indonesia, Al-Haramain: tanpa catatan tahun], halaman 64-65).*
قوله (إن بقيت في الثوب أو بدن) أو نحوه (من بعد غسل له فاحكم بطهارته) للمشقة والحت والقرص سنة وقيل شرط فإن توقفت إزالته على أشنان ونحوه وجب كما جزم به القاضي والمتولي ونقله عنه النووي في المجموع وجزم به في تحقيقه وصححه في تنقيحه
_“(Jika najis itu tersisa di pakaian, badan,) atau sejenisnya, (setelah dibasuh, maka hukumilah kesuciannya) karena sulit. Sedangkan tindakan menggosok dan mengorek bersifat sunah belaka, tetapi ada yang mengatakan bahwa keduanya syarat. Jika penghilangan najis bergantung pada potas [kalium karbonat atau garam abu] dan sejenisnya [seperti sabun, bensin, atau cairan tajam yang lain], maka wajib sebagaimana diyakini oleh Al-Qadhi dan Al-Mutawalli, serta dikutip oleh An-Nawawi dalam Al-Majemuk dan diyakininya di Tahqiq dan disahihkan olehnya di Tanqih,”_.
*(Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki, Ibanatul Ahkam, [Beirut, Darul Fikr: 1996 M/1416 H], cetakan pertama, juz I, halaman 54)*
يعفى عما بقي من أثر اللون بعد الاجتهاد في الغسل بدليل (ولا يضرك أثره) الآتي في الحديث الذي بعده
_“Bekas warna (najis) yang tersisa pada pakaian dimaafkan setelah pakaian dicuci secara serius dengan dalil hadits selanjutnya yang berbunyi, ‘Bekasnya tidak masalah bagimu,’”_
*(Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zein, [Bandung, Al-Maarif: tanpa catatan tahun], halaman 46).*
ضابط العسر قرصه ثلاث مرات مع الاستعانة المتقدمة فلو صبغ شيء بصبغ متنجس ثم غسل المصبوغ حتى صفت الغسالة ولم يبق إلا مجرد اللون حكم بطهارته
_“Kriteria sulit itu adalah tindakan mengorek sesuatu sebanyak tiga kali disertai dengan bantuan pendahuluan [seperti sabun atau pembersih lainnya]. Bila suatu benda dicelup dengan pewarna yang mengandung najis, lalu benda yang dicelup dengan pewarna tersebut dicuci hingga bersih basuhannya dan yang tersisa hanya warnanya, maka benda itu dihukumi suci,”_
Wallahu a’lam bisshawab
🔍Republished by:
_Ust. "Abu Alwi Abbas Abdul Basith Lc. M.A
💚 Silahkan dishare 💚
Komentar
Posting Komentar