📚 *NGAJI KITAB PUASA*

📚 *NGAJI KITAB PUASA*

📝PART 13

📙 *{FATHUL QARIB HASYIAH BAJURI}*

*KITAB MENJELASKAN HUKUM-HUKUM BERPUASA*

*KESUNNAHAN KESUNNAHAN PUASA*
(Redaksi Fathul Qarib)

أَحَدُهَا (تَعْجِيْلُ الْفِطْرِ) إِنْ تَحَقَّقَ الصَّائِمُ غُرُوْبَ الشَّمْسِ

1️⃣.Salah satunya adalah *SEGERA BERBUKA* jika orang yang berpuasa tersebut telah meyaqini terbenamnya matahari.

فَإِنْ شَكَّ فَلَا يُعَجِّلُ الْفِطْرَ

Jika ia masih ragu-ragu, maka tidak diperkenankan segera berbuka.

وَيُسَنُّ أَنْ يُفْطِرَ عَلَى تَمْرٍ وَإِلاَّ فَمَاءٍ
Disunnahkan untuk berbuka dengan kurma kering. Jika tidak maka dengan air.

(وَ) الثَّانِيْ (تَأْخِيْرُ السَّحُورِ) مَالَمْ يَقَعْ فِيْ شَكٍّ فَلَا يُؤَخِّرُ

2️⃣.Yang ke dua adalah *MENGAKHIRKAN SAHUR* selama tidak sampai mengalami keraguan -masuknya waktu Shubuh-. Jika tidak demikian, maka hendaknya tidak mengakhirkan sahur.

وَيَحْصُلُ السَّحُوْرُ بِقَلِيْلِ الْأَكْلِ وَالشُّرْبِ

Kesunahan sahur sudah bisa hasil dengan makan dan minum sedikit.

*DISUNNAHKAN SEGERA BERBUKA*

📙 *Hasyiah Bajuri jilid 1 halaman 293* 

(قوله تعجيل الفطر) أى لخبر الصحيحين

Perkataan musannif :

*Segera berbuka* karena di dukung oleh hadits (Bukhari-Muslim)

 لا تزال أمتي بخير ما عجلوا الفطر زاد الامام أحمد وأخروا السحور 

Senantiasa lah ummatku dalam kebaikan ,selama mereka segera berbuka
*Dalam riwayat imam Ahmad menambah* Dan Mentakhirkan Sahur"

ولما في ذلك من مخالفة اليهود والنصارى 

Dan karena pada demikian(segera berbuka ) itu Berbeda dengan kaum Yahudi dan Nasrani.

*MAKRUH TELAT BERBUKA*

فيكره له التأخير ان قصده ورأى أن فيه فضيلة وإلا فلا بأس به نقله فى المجموع عن نص الام 
 
Maka di makruhkan bagi Seseorang Mentakhirkan berbuka,jika ia sengaja dan menganggap padanya Mentakhirkan itu ada keutamaan ,

Adapun jika tidak sengaja dan tidak menganggap padanya Mentakhirkan itu ada keutamaan ,Maka tidak mengapa dengan Mentakhirkan berbuka.
(Hasil Naqal imam Nawawi dari Nas kitab Al-Um, dicantumkan dalam kitab Majmu')

*HUKUM BERBUKA PUASA*

وأما أصل الفطر فواجب لانه يحرم الوصال وهو ان يستديم جميع أوصاف الصائمين بين يومين فأكثر 

Adapun *Asal hukum berbuka itu Wajib (artinya setiap orang yang berpuasa itu mesti berbuka) karena WISHAL hukumnya haram* 

*APA ITU WISHAL*

Pendapat pertama:
وهو ان يستديم جميع أوصاف الصائمين بين يومين فأكثر

Yaitu menetapkan semua sifat-sifat orang yang puasa antara 2hari atau lebih 

وقيل هو أن لا يتناول بالليل مطعوما فعلى الأول ينتفى الوصال بما ينافي الصوم ولو بالجماع او نبش أذن بخلافه  على الثانى والمعتمد

*PENDAPAT QILA*
WISHAL adalah seseorang disaat datang waktunya berbuka ,dia tidak makan makanan

✅ Berdasarkan pendapat pertama : Ternafilah WISHAL dengan apa yang menafikan puasa, walaupun dengan sebab jima' atau Mencongkel kuping ,

✅ Berbeda dengan pendapat Qila di atas (Ternafi WISHAL dengan sebab makan saja)

*Yang Mu'tamad adalah pendapat yang pertama*

*RAGU SUDAH MASUK WAKTU BUKA ATAU BELUM*

(قوله فان شك فلا يعجل ) أى فان شك فى غروب الشمس فلا يجوزله التعجيل الخ
ومثل الشك في ذلك الظن من غير اجتهاد

Perkataan musannif:

*Jika ia ragu Maka tidak diperkenankan segera berbuka* Artinya Maka jika ragu pada terbenam matahari ,Maka tidak boleh untuk segera berbuka،Begitu juga seumpama syak yaitu Dhan tanpa ijtihad .

*DISUNATKAN BERBUKA DENGAN KURMA*

(قوله ويسن أن يفطر على تمر) ويقدم عليه الرطب وفى معناه العجوة ثم البسر 

Perkataan musannif:

*Disunnahkan untuk berbuka dengan kurma kering* dan di dahulukan atas kurma kering(تمر) oleh kurma basah (الرطب)

*Dahulukan kurma basah setelah itu kurma kering*

🍁 *Catatan:*

Tamar :kurma kering
Ruthab :kurma basah

Dan jenis kurma-kurma yang lain seperti :kurma ajwa dan kurma Basar dan lain-lain

*BERBUKA DENGAN AIR*

وقوله والا فماء أى وان لم يفطر على تمر فيسن أن يفطر على ماء كونه من ماء زمزم أولى فهو مقدم على غيره وبعد الماء الحلو وهو مالم تمسه النار كالزبيب اللبن والعسل واللبن أفضل العسل واللحم أفضل منهما ثم الحلوى وهى الحلاوة المعروفة وهى المعمولة بالنار

Jika *seseorang tidak berbuka dengan kurma, Maka disunatkan berbuka dengan Air*, Jika *Ada air Zam-zam ,Maka mendahulukan Air zam-zam lebih utama daripada air selainnya,*

✅ Dan *sesudah minum Air dilanjutkan dengan makan/minum sesuatu yang manis-manis(yang tidak sentuh oleh api)*

Seperti:

*1️⃣ Anggur*
*2️⃣ Susu*
*3️⃣ Madu*

*Susu lebih utama dari Madu* , Sedangkan *daging itu lebih utama dari keduanya* (susu,madu)

✅ Kemudian halawah yang ma'ruf ,yaitu makanan yang manis (yang di sentuh api).

*DISUNATKAN MENTAKHIRKAN SAHUR*

(قوله وتأخير السحور) وكذلك أصل السحور وكان الأولى للمصنف التصريح به فانه مجمع على استحبابه الخبر الصحيحين 

Perkataan musannif:

*Mentakhirkan Sahur* begitu pula Asal Sahur , seharusnya musannif menjelaskan dengan nya Sahur ,karena kesunnahan Sahur itu disepakati ,

*(Intinya ada 2 kesunnahan disini)*

*1️⃣.Makan Sahur*
*2️⃣.Mentakhirkan Sahur*

*Karena ada hadits Bukhari dan Muslim*

تسحروا فان فى السحور بركة 

*Bersahurlah kalian karena pada Sahur itu ada kebekatan*

والخبر الحاكم في صحيحه 

*Dan karena Ada hadist riwayat Hakim di dalam Shahihnya*

استعينوا بطعام السحر على صيام النهار وبقيلولة النهار على قيام الليل 

Minta bantulah kalian dengan makan Sahur untuk puasa disiang Dan Minta bantulah kalian dengan qailulah untuk bangun di waktu Malam

📝 *Catatan:*

*Qailulah* adalah *tidur siang sebelum Azan dhuhur*

*MASUK WAKTU SAHUR*

ويدخل وقتة بنصف الليل. فالاكل قبله ليس بسحور فلا تحصل به السنة

Masuk waktu *Sahur dipertengahan Malam (00:00)*, Adapun *Makan sebelum pertengahan malam tidak di anggap sahur* (maka tdk hasil kesunnahan dengannya)

🍁 *Kesimpulan*

فالحاصل أن السحور سنة وتأخيره سنة أخرى

*Hukumnya Sahur sunnah dan Mentakhirkan Sahur itu kesunnahan yang lain*

*BATASAN MENTAKHIRKAN SAHUR*

ويسن تقريبه من الفجر بقدر ما يسع قراءة خمسين آية 

Dan disunatkan mendekatkan waktu Sahur dengan waktu Fajar dengan kadar muat untuk membaca 50 Ayat

*SAHUR KHUSUS UMMAT NABI MUHAMMAD*

وتأخير السحور من خصائص هذه الامة بدليل أن الامم السابقة كانوا يأكلون قبل ان يناموا وكان يحرم عليهم الاكل والشرب من وقت العشاء أو بالنوم ولو قبل وقت العشاء بل كان كذلك في صدر الاسلام

Mentakhirkan Sahur merupakan khususiat dari pada ummat nya Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam

*SAHUR UMMAT TERDAHULU*

dengan keterangan bahwa umat-umat terdahulu mereka makan sebelum Tidur ,

Dan Diharamkan Atas mereka Makan dan Minum dari pada waktu insya Atau Haram makan dan minum dengan sebab tidur , walaupun tidur nya sebelum waktu insya

Wallahu a'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di antara bentuk didikan Imam Taqiyuddin As-Subki kepada keluarganya

HATI².. MUSIBAH SANTRI

HILANGNYA KEBERKAHAN ILMU ANAK, KARENA PRILAKU BURUK ORANG TUA TERHADAP GURUNYA