Redaksi niat yang benar yaitu : romadhooni bukan ~(romadhoona)~
*Ngaji..*
*Hal yang penting dalam puasa romadlon1*๐
Redaksi niat yang benar yaitu : romadhooni bukan ~(romadhoona)~
ََْูููุชُ ุตَْูู
َ ุบَุฏٍ ุนَْู ุฃَุฏَุงุกِ َูุฑْุถِ ุดَْูุฑِ ุฑَู
َุถَุงِู َูุฐِِู ุงูุณََّูุฉِ ูุฑุถุง ِّููู ุชَุนَุงَูู
NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN ADAA-I FARDHI SYAHRI ROMADHOONI HADHIHIS-SANATI FARDLON LILLAAHI TA’ALA.
Di dalam Kitab I’anatu at-Tholibin, juz 2/253, dijelaskan sebagai berikut :
ُْููุฑَุฃُ ุฑَู
َุถَุงِู ุจِุงْูุฌَุฑِّ ุจِุงَْููุณْุฑَุฉِ َِِِْููููู ู
ُุถَุงًูุง ุฅَِูู ู
َุง ุจَุนْุฏَُู ََُููู ุฅِุณْู
ُ ุงْูุฅِุดَุงุฑَุฉ
Romadloni (ni) dibaca jer dengan KASROH karena statusnya menjadi Mudlof kepada kalimat setelahnya yaitu isim isyaroh.
Kitab I’anah Thalibin
(ูููู: ูููุช ุฅููุฎ) ุฎุจุฑ ุนู ุฃูู
ููุง: ุฃู ุฃูู
ููุง ูุฐุง ุงูููุธ. (ูููู: ุตูู
ุบุฏ) ูู ุงููููู
ุงูุฐู ููููู ุงููููููุฉ ุงูุชูู ููู ููููุง. (ูููู: ุนู ุฃุฏุงุก ูุฑุถ ุฑู
ุถุงู) ูุงู ููู ุงูููุงูุฉ: ูุบููู ุนู ุฐูุฑ ุงูุฃุฏุงุก ุฃู ูููู ุนู ูุฐุง ุงูุฑู
ุถุงู. ุงููููู. (ูููู: ุจูุงููุฌุฑّ ูุฅِุถุงูุชู ููู
ุง ุจุนุฏู) ุฃู ููุฑุฃ ุฑู
ุถุงู ุจูุงููุฌุฑّ ุจูุงููุณุฑุฉ، ููููู ู
ุถุงูุงً ุฅููู ู
ุง ุจุนุฏู، ููู ุงุณู
ุงูุฅِุดุงุฑุฉ. ูุงู ููู ุงูุชูุญูุฉ: ูุงุญุชููุฌ ูุฅِุถุงูุฉ ุฑู
ุถุงู ุฅููู ู
ุง ุจุนุฏู ูุฃู ูุทุนู ุนููุง ูุตูุฑ ูุฐู ุงูุณูุฉ ู
ูุญุชูู
ูุงً ููููู ุธุฑูุงً ููููุช، ููุง ูุจููู ูู ู
ุนูู، ูุชุฃู
ูู، ูุฅูู ู
ูู
ุง ูุฎููู. ุงููููู. ููุฌูู: ุฃู ุงููููุฉ ุฒู
ููุง ูุณูุฑ، ููุง ู
ุนูู ููุฌุนู ูุฐู ุงูุณูุฉ ุธุฑูุงً ููุง. (ูููู: ูุฐู ุงูุณูุฉ) .(ุฅู ููุช) : ุฅู ุฐูุฑ ุงูุฃุฏุงุก ูุบููู ุนูู. (ููุช) ูุง ูุบููู، ูุฃู ุงูุฃุฏุงุก ูุทูู ุนููู ู
ุทูู ุงููุนู، ูููุตุฏู ุจุตูู
ุบูุฑ ูุฐู ุงูุณูุฉ. ูุนุจูุงุฑุฉ ุงูููุงูุฉ: ูุงุญุชููุฌ ูุฐูุฑู ูููู ุฃู ุงูุฃุฏุงุก ูููู ู
ุน ูุฐู ุงูุณูุฉ، ูุฅู ุงุชูุญุฏ ู
ูุญุชุฑุฒูู
ุง، ุฅุฐ ูุฑุถ ุบูุฑ ูุฐู ุงูุณูุฉ ูุง ูููู ุฅูุง ูุถุงุก، ูุฃู ููุธ ุงูุฃุฏุงุก ูุทูู ููุฑุงุฏ ุจู ุงููุนู. ุงููููู.ูููู ุงูุจุฑู
ุงูู: ููุณู ุฃู ูุฒูุฏ: ุฅููู
ุงูุงً ูุงุญุชุณุงุจุงً ููุฌู ุงููู ุงููุฑููู
ุนุฒّ ูุฌّู. ุงููููู.
ROMADHONI dibaca jer dengan tanda kasroh, karena dimudhofkan pada lafadz setelahnya yaitu isim isyaroh (HADZIHI).
Keterangan :
Isim ghoiru munsharif itu tidak ditanwin dan tidak dikasroh karena punya illat yang menyebabkan sifat keisimannya lemah, lebih cenderung mirip fi’il. Namun ketika dimudhofkan maka sifat keisimannya menjadi kuat, sehingga tanda jer nya kembali memakai kasroh.-
Dalam Kitab Kasyifatussaja hlm 7, dijelaskan bahwa secara redaksi ada juga pendapat sebagian kecil ulama’ yang mengatakan bahwa kalau lafadz Romadlon dibaca kasroh (ROMADHONI) maka lafadz hadzihis sanah juga dibaca kasroh (HADZIHIS SANATI), jika di baca fathah (ROMADHONA) maka lafad setelah juga dibaca fathah (HADZIHIS SANATA), setatusnya tidak sebagai Dhorof tapi dibaca Nashob karena terjadi Qot’u atau pemutusan dari lafadz sebelumnya, dan menurut pendapat ini jika lafadz ROMADHON di idlofahkan kepada lafadz setelahnya itu sangat menjanggalkan karena ‘ALAM tidak bisa diidlofahkan.
(ุชูุจููู) (َُُْูููู : ุจِุฅِุถَุงَูุฉِ ุฑَู
َุถَุงَู) ุฃَْู ِูู
َุง ุจَุนْุฏَُู َُُُููููู ู
َْูุณُูุฑَุฉٌ ؛ ِูุฃََُّูู ู
َุฎُْููุถٌ َูุฅَِّูู
َุง ุงُุญْุชِูุฌَ ِูุฅِุถَุงَูุชِِู ุฅَูู ู
َุง ุจَุนْุฏَُู ؛ ِูุฃََّู َูุทْุนَُู ุนََْููุง ُูุตَِّูุฑُ َูุฐِِู ุงูุณََّูุฉَ ู
ُุญْุชَู
ًَูุง َِِِْููููู ุธَุฑًْูุง َِِِْููููู : ุฃَْู ََِْูููู ََููุง ู
َุนَْูู َُูู ؛ ِูุฃََّู ุงَِّّูููุฉَ ุฒَู
ََُููุง َูุณِูุฑٌ ، ََููุงَู ุจَุนْุถُُูู
ْ : ุฅْู ุฌَุฑَุฑْุช ุฑَู
َุถَุงَู ุจِุงَْููุณْุฑِ ุฌَุฑَุฑْุช ุงูุณََّูุฉَ َูุฅِْู ุฌَุฑَุฑْุชู ุจِุงَْููุชْุญِ َูุตَุจْุช ุงูุณََّูุฉَ َูุญَِููุฆِุฐٍ ََููุตْุจَُูุง ุนََูู ุงَْููุทْุนِ ، َูุนََِْููู َِููู ุฅุถَุงَูุฉِ ุฑَู
َุถَุงَู ุฅَูู ู
َุง ุจَุนْุฏَُู َูุธَุฑٌ ؛ ِูุฃََّู ุงْูุนََูู
َ َูุง ُูุถَุงُู َُْูููุชَุฃَู
َّْู ุง ูู
Yang lebih salah lagi adalah redaksi niat yang banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat yaitu :
ََْูููุชُ ุตَْูู
َ ุบَุฏٍ ุนَْู ุฃَุฏَุงุกِ َูุฑْุถِ ุดَْูุฑِ ุฑَู
َุถَุงَู َูุฐِِู ุงูุณََّูุฉِ ِّููู ุชَุนَุงَูู
Pada lafadz Romadlon dibaca ROMADHONA (NA) sementara pada lafadz Hadzihis sanah dibaca HADZIHIS SANATI (TI), ini secara ilmu gramatika bahasa arab tidak ada jalurnya.
Lalu bagaimana dengan hukum puasanya jika redaksi niatnya salah ?
Puasanya tetap sah SAH walaupun terjadi kesalahan dalam membaca harokat di dalamnya, selama yang dikehendaki dengan HADZIHISSANATI adalah bulan Romadlon tahun ini, karena letak niat itu di dalam hati, sebagaimana shalat dhuhur dengan mengucapkan redaksi niat shalat ashar akan tetapi niatnya dalam hati adalah shalat dhuhur maka juga SAH sebagai shalat dhuhur.
Namun apabila niat diucapkan, maka hendaknya tidak salah dalam i’rob. (Agar tidak ditertawain ayam arab, ha ha ha ini tambahan saja)
ูุงููู ุงุนูู
Komentar
Posting Komentar